Iis Soekandar: Jelang Ujian Nasional 2019

Minggu, 20 Januari 2019

Jelang Ujian Nasional 2019

                                                                                     

          Bertempat di SMP Tunas Harum Bangsa, Sabtu, 12 Januari, 2019 guru mata pelajaran bahasa Indonesia se-Kota Semarang atau sebanyak 180-an mengikuti Seminar Bedah Kisi-Kisi dan SKL (Standar Kompetensi Lulusan).
            Bedah kisi-kisi dan SKL adalah acara tahunan bagi keempat pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional, yaitu bahasa Indonesia, Matematika, bahasa Inggris, dan IPA. Kebetulan tahun ini diselenggarakan pada hari dan tanggal yang sama. Hanya tempatnya yang berbeda. 
              Walaupun pemerintah tidak mematok sebagai penentu kelulusan sebagaimana yang pernah berlaku, hasil Ujian Nasional atau UN sebagai persyaratan siswa diterima atau tidak pada sekolah yang diinginkan. Terlepas dari unsur-unsur lain,  seperti ketentuan zona dan kategori siswa miskin. Idealnya pasti setiap siswa menginginkan sekolah favorit yang juga menjadi dambaan para pesaingnya dari sekolah-sekolah lain.
Itu sebabnya perlu adanya kesamaan dalam penentuan kisi-kisi dan SKL, baik bagi sekolah negeri maupun swasta. Sehingga diharapkan pada akhirnya siswa dapat bersaing dalam mendapatkan sekolah yang diinginkan, walaupun dia berasal dari sekolah tidak favorit.  
Tepat pukul 09.30 WIB acara dimulai. Setelah melalui serangkian ritual, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya, PJMP bahasa Indonesia SMP, Drs. Eko Djatmiko, M.Pd. yang juga Kepala SMP Negeri 3 Semarang memberikan sambutan. Di antara sambutannya bahwa ibarat guru sebuah pohon, dia punya kewajiban mengarahkan ranting-ranting soal menuju ke arah mana sehingga siswanya dapat menerima dan menyelesaikan dengan baik.

                                                               
                                                       Drs. Eko Djatmiko, M.Pd. 

Selanjutnya acara yang ditunggu-tunggu tiba. Bedah kisi-kisi dan SKL dengan narasumber Rohmani, M.Pd. guru bahasa Indonesia SMP Negeri 189 Jakarta.

                                                                           
                                                                          Rohmani, M.Pd.

Diawali dengan penjelasan tujuan diadakan acara tersebut: menjelaskan kisi-kisi soal UN, membandingkan karakteristik tiga level dalam soal bahasa Indonesia, menjelaskan prinsip penjabaran kata kerja operasional pada berbagai level, menjabarkan kata kerja dan cakupan kisi UN menjadi penjabaran indikator, mengelompokkan soal HOTS (Higher Order Thingking Skill), dan membuat contoh soal HOTS dari penjabaran kisi-kisi UN.
Selanjutnya dijelaskan satu per satu secara rinci. Termasuk tiga level soal kognitif, yaitu level 1 bersifat pengetahuan dan pemahaman, level 2 bersifat aplikasi, sedangkan level 3 penalaran. Ketiga level tersebut diberikan pada setiap lingkup materi.
Terjadi dialog interaktif di sela-sela pemaparan. Narasumber yang selalu mempersilakan peserta bertanya setiap menemui uneg-uneg, membuat suasana berjalan begitu hangat. Hal ini terbukti ketika salah satu peserta bertanya tentang ketiadaan puisi dalam soal UN sementara dalam cakupan materi yang dijarakan ada karya sastra tersebut. Dijelaskan puisi dapat dijadikan dalam USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).
Tidak terasa waktu menunjuk hampir pukul 13.00 WIB. Kisi-kisi dan SKL telah dijabarkan, lengkap dengan contoh-contoh soal dan cara penyelesaian yang efektik dan mudah dikerjakan siswa. Tinggal bagaimana guru mentransfer semua ilmu yang didapat ke dalam pemahaman siswa, yang bisa jadi antara kelas satu dengan kelas lainnya tidak sama. Karena setiap siswa adalah unik. Pastilah memiliki kelemahan di antara segudang kelebihannya, begitupun sebaliknya, memiliki kelebihan di antara segudang kekurangannya. 
Semoga niat baik ini terberkati, terlebih bermanfaat bagi siapa saja yang membaca.
                                                                        @@@ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar