Iis Soekandar: Asal Masuk

Jumat, 25 September 2020

Asal Masuk

                                                                                        


       Pagi itu Jon Koplo mendapat pesan melalui WhatsApp dari kepala sekolah agar menggantikan rekan sejawatnya, Genduk Nicole. Semalam badan Nicole panas sehingga hari ini tidak dapat melanjutkan mengikuti pelatihan.

Jon Koplo memang senang mendapatkan pengalaman dan ilmu baru meski hanya sehari. Koplo termasuk guru baru di sekolah itu dan baru kali itu mengikuti pelatihan. Pelatihan diselenggarakan hari itu dan sebelumnya.

            Jon menyiapkan laptop dengan segala perlengkapannya. Dia langsung pergi ke hotel tempat pelatihan berlangsung. Dia tidak perlu membawa surat tugas dari sekolah. Sebab  Nicole sudah mengumpulkannya hari sebelumnya.

            Koplo tiba di hotel setengah jam sebelum acara dimulai sebagaimana tertera dalam undangan. Setelah mencuci tangan dengan sabun dan cek suhu tubuh, Jon masuk dengan penuh semangat.

            Di dalam ruangan sudah banyak peserta yang hadir.             Saat coffee break, panitia mengedarkan lembar absensi. Ketika tiba gilirannya, Jon mencari nama teman sejawat dan sekolahnya. Ternyata keduanya tidak ada dalam daftar.

            “Kalau tidak salah sekolah Pak Koplo ada di subrayon 04,” jelas Lady Cempluk yang duduk di sebelahnya sambil mengingat-ingat.

            “Iya, Bu, betul,” jawab Koplo cepat.

“Kalau subrayon 04, 05, dan 06 mapelnya Matematika, Pak. Di ruang sebelah. Sedangkan di ruang ini untuk mapel bahasa Indonesia subrayon 01, 02, dan 03,” tambah  Cempluk.

            “O... begitu. Gara-gara asal masuk,” kata Koplo.

         Dengan malu, Koplo segera keluar ruangan dan berpindah ke ruang lain untuk mapel Matematika.

@@@

 Cerita ini pernah terbit di Solopos, 25 September 2020 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar