Iis Soekandar: Mengapa Saya Menulis?

Minggu, 03 Februari 2019

Mengapa Saya Menulis?



       Setiap orang melakukan sesuatu pasti mempunyai tujuan. Begitu pun ketika saya menulis. Ini alasan saya mengapa menulis.
1.Menghilangkan stres
Ada kalanya kita dihadapkan pada situasi seorang diri, jauh dari teman, saudara, ataupun kenalan. Sementara satu sisi, kita sedang terkena masalah. Maka langkah paling cepat agar tidak mengganggu pikiran dan aktivitas adalah dengan mengambil kertas dan pulpen. Atau seiring perkembangan zaman mengambil ponsel. Dengan menuliskan uneg-uneg ke dalam kertas atau ponsel, beban masalah terkurangi. Saya pun terbebas dari stres. Karena pikiran sudah lapang, biasanya saya sekalian menemukan solusinya.
2.Berbagi
            Uneg-uneg itu kemudian saya tindak lanjuti, melalui proses kreatif, menjadi sebuah karya. Lalu saya kirim ke media. Jika tulisan itu dimuat dan terpubikasi, pasti akan dibaca banyak orang. Saya pun berharap membawa manfaat bagi orang lain. Sebab sebaik-baik manusia yang berguna bagi orang banyak.
3. Menjadi diri sendiri
            Bagi saya, menulis saatnya bebas mengekspresikan diri. Dengan menulis saya bebas mengungkapkan yang ada dalam benak. Tanpa ada rekayasa dan protokoler apa pun. Bahkan ada kalanya dalam dunia nyata tidak tersampaikan, di tulisan terwujudkan.
4. Mendatangkan benefit
            Ketika karya dimuat di media, saya mendapatkan benefit. Biasanya berupa honor. Tetapi terkadang saya mendapatkan dua hal, yaitu honor dan kesempatan. Sebab ada media tertentu yang membuka kolom khusus. Dan saya memiliki kesempatan berkarya di dalamnya. 5. Melek teknologi
            Dengan menulis, itu berarti menuntut saya melek teknologi. Seperti mengirim pesan lewat email, berteman di sejumlah media sosial, membutuhkan keterampilan mengakses informasi dengan cepat.
6. Menghibur diri
            Di tengah kesibukan lain, saat situasi jenuh, seringkali menulis menjadi sarana refresing sejenak. Baik dalam situsi sedang berhadapan dengan kertas dan pulpen, apalagi bila berahapan dengan laptop.
            Terima kasih yang sudah mampir dan membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat! Semangat menulis, Teman-teman!
@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar