Iis Soekandar: Ketika Ruli Rindu Bi Siti

Rabu, 05 Januari 2022

Ketika Ruli Rindu Bi Siti

                                                                                        

            Sore itu Ruli sedang membersihkan kebun. Disapunya sampah-sampah dengan sapu ijuk. Kebun yang asri itu bunga-bunganya sedang bermekaran.

“Ada paket, buat kamu, Rul,” kata bundanya sambil membawa bungkusan ke kebun belakang rumah. Bungkusan itu lalu diletakkan di atas meja yang ada di kebun.

            “Iya, Bun,” jawab Ruli sambil menyapu.

            Kemudian, Bundanya kembali masuk ke rumah. Setelah kebun bersih dari sampah-sampah, Ruli mencuci tangan dan menghampiri bungkusan itu.

            “Wah, ini apem comal dari Bi Siti. Asyik ...” ungkap Ruli senang. Ruli langsung membuka bungkusnya dan menikmati apem comal.

            Begitulah Ruli jika rindu Bi Siti. Dia memesan apem comal, makanan khas daerah Comal, Pemalang, Jawa Tengah, tempat tinggal Bi Siti. Kemarin Ruli meminta Bundanya mentrasfer uang sesuai harga apem comal ditambah ongkos kirim kepada Bi Siti.

                                                                                         

                                                                    ilustrasi dari Bobo

              Bi Siti pernah bekerja sebagai asisten rumah tangga di keluarga Ruli. Setiap kali kembali dari desa, Bi Siti selalu membawa apem comal. Sayang, pandemi melanda negeri ini. Bi Siti diminta pulang ke desa oleh suami dan anaknya. Mereka khawatir Bi Siti ikut terpapar virus. Sebagai gantinya, Ruli membantu bunda mengerjakan pekerjaan rumah, di antaranya membersihkan kebun. Setiap hari, Ruli di rumah karena pembelajaran daring.

            Kini, kalau ingin makan apem comal, Ruli harus memesan pada Bi Siti. Sekaligus untuk mengobati rindu kepada Bi Siti. Apem comal rasanya gurih dan manis. Bahan utamanya dari santan, tepung beras, dan gula merah. Warnanya merah kecoklatan.

            “Ruli, kamu makan apa?” tanya Kakeknya lalu duduk di sebelahnya.

            “Ini, Kek, apem comal. Ayo, Kek, sekalian makan!” jawab Ruli sambil makan dengan lahap.

            Kakek pun mengambil apem comal dan menikmatinya.

            “Kamu ingin melihat duplikat apem comal? Besok malam Kakek beri tahu,” ungkap kakek. Tentu saja Ruli penasaran.

            “Memangnya ada duplikat apem comal? Kenapa mesti menunggu besok malam, Kek?” ulang Ruli. Kakek tetap tidak menjelaskan karena sengaja membuat cucunya itu penasaran. Ruli disuruh menunggu besok malam.

@@@

            Hari berikutnya, Ruli menagih Kakek agar memperlihatkan duplikat apem comal seperti janjinya. Malam  itu, Kakeknya meminta Ruli ke kebun belakang rumah. Kebun itu hanya ditanami tanaman-tanaman berbunga sehingga dapat melihat langit dengan lapang.

            “Kamu lihat ke langit!” pinta Kakeknya.

            “Wah, bulannya bundar, warnanya merah kecoklatan. O iya, malam ini sedang terjadi gerhana bulan,” ungkap Ruli baru teringat. Beberapa hari lalu gurunya mengatakan bahwa malam ini ada gerhana bulan. Untuk itu, para murid diminta menyaksikannya. 

                                                                                       

                                                                  ilustrasi dari Bobo

                  “Bulat, merah kecoklatan seperti apem comal, kan,” jelas kakek.

            “Benar, Kek, bulat sempurna, warnanya merah kecoklatan, seperti apem comal. Padahal, biasanya bulan purnama warnanya putih,” tutur Ruli yang takjub melihat gerhana bulan total.

            “Kamu tahu, mengapa terjadi gerhana bulan? Itu karena raksasa jahat bernama Betara Kala memakan bulan. Makanya, masyarakat pada zaman dulu diminta menabuh lesung padi. Lesung padi sebagai jelmaan jasad Betara Kala agar raksasa jahat itu memuntahkan bulan,” cerita kakeknya.

            “Itu mitos, Kek,” sanggah Ruli.

            “Masa?”

                                                                              

                                                                   ilustrasi dari Bobo

          “Gerhana bulan terjadi karena matahari, bumi, dan bulan terletak pada satu garis lurus. Gerhana bulan kali ini, jarak bulan paling dekat dari bumi. Makanya, bulan yang kita lihat sekarang lebih besar dari biasanya. Ini gerhana bulan istimewa,” jelas Ruli.

            “Wah, cucu Kakek pandai,” ungkap Kakek.

Kemudian, Ruli menjelaskan dengan ilmu pengetahuan yang dia peroleh dari sekolahnya.

            “Orangtua Kakek dulu tidak punya biaya untuk menyekolahkan Kakek. Makanya, sekolah Kakek hanya sampai kelas 2 SD,” cerita kakek.

            “Syukurlah, sekarang ada sekolah gratis sampai 12 tahun. Omong-omong, apem comal dari Bi Siti masih dua buah, Kek. Tadi Ruli simpan di kulkas. Ruli ambil dulu, nanti kita makan bersama,” ajak Ruli.

            Mereka pun menikmati apem comal sambil melihat gerhana bulan.

@@@

Cerpen ini pernah terbit di majalah Bobo, 30 Desember 2021


Tidak ada komentar:

Posting Komentar