Iis Soekandar: Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang

Kamis, 20 Januari 2022

Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang

                                                                                         

Aloon-Aloon MAS dari depan
(Foto: Iis Soekandar)

            Apa kabar, teman-teman? Semoga semua sehat. Lama tidak tamasya. Pandemi selama hampir dua tahun telah membatasi aktivitas ke luar. Termasuk bertamasya. Di samping itu tempat-tempat wisata juga ditutup. Seiring keadaan yang semakin membaik, pemerintah  membuka tempat-tempat wisata. Kita pun bisa bertamasya. Tapi jangan lupa, prokes tetap dijalankan dengan tertib. Bagaimanapun pandemi belum berakhir. Dengan demikian, kita tetap dapat bersenang-senang; badan kita tetap sehat.

            Tamasya saya kali ini ke Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang. Sebagai warga Semarang, saya merasa ini tempat wisata baru. Sebelumnya tempat ini berubah menjadi pasar. Namanya pasar Ya`ik. Di sana ada pedagang pakaian, kacamata, jam, makanan, minuman, obat-obatan, dan kebutuhan-kebutuhan lain. Tanpa sedikit pun memberikan ruang untuk publik. Suatu saat terjadi kebakaran. Setelah tempat ini dibangun, difungsikan sebagaimana aslinya, sebagai alun-alun. Sangat berbeda dari sebelumnya yang penuh dengan pedagang dan kotor.

                                                                                      

salah satu spot foto
(Foto: Iis Soekandar)

            Tempat ini dibuka untuk umum sebagai alun-alun bersamaan dengan diresmikannya Pasar Johar yang juga dibangun kembali karena kebakaran. Peresmian dilakukan oleh Bapak Presiden pada tanggal 5 Januari 2022 lalu. Pasar Johar terletak di belakang alun-alun. Sedangkan di sebalah kanan alun-alun ada Pasar Kanjengan. Kedua pasar ini sama-sama selesai dibangun. Ada akses menuju kedua pasar tersebut dari alun-alun. Sambil menyelam minum air, teman-teman bisa bertamasya kemudian sekalian berbelanja.

            Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang terletak di Jalan Pemuda, Kecamatan Semarang Tengah. Sesuai namanya alun-alun berada di depan Masji Agung Semarang. Itu sebabnya teman-teman tidak perlu khawatir jika tiba waktunya salat. Teman-teman hanya berjalan beberapa langkah untuk menunaikan ibadah di masjid. Tidak jauh dari Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang, terdapat tempat wisata Kota Lama, berjarak sekitar 300 meter. Jadi, setelah ke alun-alun, teman-teman bisa sekalian ke Kota Lama atau sebaliknya. 

                                                                                     


                                                           tangga menuju ke lapangan

                                                                (Foto: Iis Soekandar)

Jalan menuju ke alun-alun mudah dijangkau. Banyak angkutan umum yang melewatinya. Ada angkutan daihatsu berwarna oranye dari arah Mangkang, Manyaran, dan Genuk. Atau naik bus Trans Semarang turun di halte terdekat. Di area alun-alun juga dibangun halte bus Trans Semarang. Sampai dengan tulisan ini saya tulis, belum ada bus trans yang masuk. Ketika saya bertanya kepada pihak yang berkompeten, dia menjawab menunggu peresmian dari pihak armada Trans Semarang. Semoga pihak Trans Semarang segera meresmikan halte tersebut agar semakin banyak angkutan menuju ke alun-alun.

                                                                       

halte yang telah disediakan di alun-alun
(Foto: Iis Soekandar)

        Alun-alun ini tidak hanya lapangan luas, yang terletak di atas, tetapi juga tempat santai yang terletak di bawah. Ada banyak spot-spot foto. Sebagai area publik, tempat ini juga dilengkapi tempat parkir yang terletak di bawah tanah, baik untuk roda dua maupun roda empat. Toilet untuk buang air pun sudah tersedia di area tempat parkir. Jadi, teman-teman tidak perlu risau jika berada di alun-alun tiba-tiba ingin buang air. Hanya, toilet yang terletak di alun-alun bagian belakang belum berfungsi karena belum ada airnya. 

                                                                                      

tempat parkir di bawah tanah
(Foto: Iis Soekandar)

Untuk lebih menggairahkan masyarakat mengunjunginya, takmir masjid mengadakan acara senam pada setiap hari Minggu pagi. Bagi teman-teman yang berada di Kota Semarang dapat memanfaatkan kesempatan ini. Selain untuk menjaga kesehatan juga refreshing.

                                                                         

kegiatan senam pada Minggu pagi
(Foto: Iis Soekandar)

       Sebagai tempat yang dikunjungi masyarakat umum, teman-teman tidak perlu khawatir mencari makanan dan minuman. Banyak pedagang makanan dan minuman di sekitar alun-alun. Ada pedagang nasi, minuman, bakso, mi ayam, gilo-gilo yang segar dengan buah-buahannya, juga aneka makanan cepat saji yang kini marak, seperti tempura dan sosis yang diolah dengan dibakar. Terlebih jika hari Minggu, banyak para pedagang yang menjajakan dagangannya.

            Dengan dibukanya alun-alun, selain bermanfaat bagi pemgunjung, tentu juga memberi nilai tambah bagi masyarakat pedagang. Mengembalikan ekonomi yang terpuruk karena pandemi dan memberi lahan bagi pedagang baru memulai usaha.

            Semoga tulisan ini bermanfaat, sampai jumpa pada tamasya saya berikutnya!

@@@


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar