Iis Soekandar: Baju Lebaran Buatan Bunda

Senin, 14 Juni 2021

Baju Lebaran Buatan Bunda


 Lebaran sebentar lagi tiba. Ayunda sedih karena belum punya baju Lebaran. Semua temannya sudah menyiapkan baju Lebaran. Bahkan, Amel teman sebangkunya memiliki dua baju. Satu untuk Lebaran hari pertama, satu lagi untuk hari kedua.

            Awal Ramadan lalu, ayah dan bundanya mengatakan tidak akan membelikan baju Lebaran. Alasan pertama, karena ayah harus menabung untuk biaya mendaftar sekolah. Tahun ini, Ayunda akan masuk SMP. Alasan kedua, karena baju Lebaran tahun lalu masih bagus. Jadi, masih bisa dipakai berlebaran tahun ini.

            Bunda melihat Ayunda yang merenung sedih di teras samping rumah. Ayunda hanya diam tanpa senyum, padahal tanaman di depannya sedang bermekaran indah. Bunda tahu, apa penyebab Ayunda sedih.

            “Kamu sedih, karena Lebaran kali ini tidak dibelikan baju baru, ya? Jangan khawatir. Bunda akan membuatkan baju Lebaran untuk Ayunda,” janji bunda.

            Saat itu, bundanya berkalung meteran. Kedua tangannya memegang kain motif batik. Dia adalah seorang penjahit.

            “Kebetulan, Bunda dapat pesanan menjahit baju seragam ibu-ibu PKK kampung. Baju itu akan dipakai halal bihalal. Sisa kainnya bunda kumpulkan. Ada banyak potongan kain tidak terpakai dan cukup untuk baju Lebaran kamu,” ujar bunda menjelaskan.

            “Motif batik cuma cocok untuk orang tua, Bun,” ujar Ayunda semakin murung. “Apalagi, ternyata Bunda tidak membeli kain, tetapi akan memakai sisa-sisa kain.”

            “Apapun motif kainnya, bisa menjadi baju yang bagus. Tergantung penjahitnya. Kalau Bunda yang jahit, pasti bagus,” canda bundanya, membuat Ayunda tersenyum kecil. 
                                                                                 
                                                                 ilustrasi dari Bobo

Beberapa hari kemudian, baju untuk ibu-ibu PKK sudah jadi. Kini, bundanya mulai membuat untuk Ayunda. Kain perca sisa batik itu bermotif kolang-kaling atau kawung. Warnanya terang. Ada warna putih, biru, dan pink. Ia meletakkan pola di atas kain-kain perca yang sudah disambung-sambung. Lalu, ia mulai memotong sesuai model yang diinginkan.         Bundanya membuat model baju dengan lengan berkerut. Pinggangnya juga berkerut dan diberi pita pink. Lehernya tidak berkerah dan berbentuk bulat.

            Akhirnya, libur Lebaran usai. Saatnya masuk sekolah. Di sekolah, biasanya hari pertama para murid dibolehkan memakai baju bebas atau baju lebaran. Hari itu tidak ada pelajaran. Bapak dan ibu guru beserta murid-murid akan saling maaf-memaafkan, lalu ada acara makan siang bersama. 

            Satu per satu murid mulai berdatangan. Amel teman sebangku Ayunda, datang paling awal. Baju Amel berwarna putih dengan pita pink di pinggang. Bahannya dari tulle, sehingga kalau dipakai mengembang. Amel juga membawa kue Lebaran di dalam kotak makan untuk dimakan bersama.

            Pagi itu, Ayunda diantar ayahnya. Turun dari kendaraan, Ayunda berjalan melewati lapangan. Saat sampai di koridor, tampak beberapa teman dari  kelas lain duduk di teras. Mereka memerhatikan baju batik Ayunda. Ayunda jadi kikuk. Namun, ia berusaha tersenyum kepada mereka.

“Mereka pasti menertawakan baju batikku. Ini kan perca batik ibu-ibu PKK. Amel juga pasti menertawakan aku ...” batin Ayunda.

Ayunda ingin pulang rasanya, karena takut ditertawakan. Namun, karena tidak berani pulang sendiri, Ayunda akhirnya berjalan ke kelas dengan kepala tertunduk.  

Saat memasuki kelas ...

                                                                                          
                                                                  ilustrasi  dari Bobo

“Ayunda bajumu bagus sekali,” teriak Amel begitu melihat Ayunda memasuki kelas.

Amel memandangi baju batik Ayunda tidak berkedip. Ayunda tampak cantik sekali pagi itu. Rambutnya dikucir dua dan berponi. Teman-teman yang sudah datang, juga memandang kagum. Baju Lebaran yang dipakai Ayunda berbeda dari yang lain.

            “Bajumu bagus, Ayu!” ungkap Bela.

            “Ah, masa?” jawab Ayunda tak percaya.

            “Kamu beli di mana?” tanya Nana.

            “Ini buatan bundaku,” jawab Ayunda kini menjadi bangga.

            “Ternyata, baju batik juga bagus untuk anak seusia kita. Bundamu pandai sekali mengombinasikan motif kain. Rasanya, belum ada toko yang menjual baju batik seindah ini,” kata Amel.

            Teeeeet... teeeet... teeeet

            Bunyi bel panjang terdengar tiga kali. Murid-murid segera diminta berkumpul di lapangan. Ayunda melangkah penuh semangat.

“Bunda, terima kasih untuk baju batik yang indah ini,” bisik Ayunda bahagia.  

@@@

Cerpen ini pernah terbit di majalah Bobo, 27 Mei 2021


Tidak ada komentar:

Posting Komentar