Iis Soekandar: Warak, Antara Ikon dan Lelakon

Selasa, 17 Desember 2019

Warak, Antara Ikon dan Lelakon

                                                                                       

             Sebetulnya saya tidak sengaja menulis pengalaman ini untuk dikutsertakan ke dalam lomba. Karena saya sudah menulis dua karya lain dalam Lomba Menulis Esai bagi Guru Jawa Tengah 2019 yang diadakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. Tetapi karena keresahan selalu nyesek bila tidak ditulis, akhirnya saya tulis pengalaman ini. Biasanya saya menuangkannya ke dalam cerita fiksi. Kebetulan batas waktu lomba di Balai Bahasa Jawa Tengah belum usai,  seru nih ditulis dalam bentuk esai.
                                                                                   

           Alahamdulillah, tulisan yang tidak disangka terpilih mendampingi pemenang utama dan masuk dalam buku antologi Esai bagi Guru Jawa Tengah 2019. Saya pun diundang dalam peluncurannya bersamaan dengan penyerahan piala Prasidatama. Prasaditama adalah piala yang diberikan kepada para pengguna dan apresiator bahasa dan sastra di Jawa Tengah oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. Para penerima Prasidatama sebagian dari instansi pemerintah, sekolah, sebagian lagi para seniman penulis puisi, cerpen, dan novel. Semua berdomisili di Jawa Tengah. Bertambah pengalaman dengan membaca esai dari teman-teman guru. 
                                                                                


          “Warak, Antara Ikon dan Lelakon” bertutur tentang warak. Bagi masyarakat Semarang warak bukan hal asing. Warak sebagai ikon saat tradisi megengan atau dugderan. Tradisi dugderan diadakan dua minggu menjelang puasa Ramadan di alun-alun Masjid Besar Semarang. Puncak dugderan pada hari terakhir dihadiri Walikota Semarang. 
Warak adalah replika binatang yang mencerminkan kondisi masyarakat Kota Semarang. Masyarakat Semarang yang terbuka dalam keberagaman budaya. Warak berkaki empat melambangkan hewan kambing sebagai implementasi orang Jawa, badannya seperti onta sebagai implementasi bangsa Arab, sedangkan kepala yang mirip naga melambangkan bangsa Cina. Cerita yang ada sejak zaman Kanjeng Bupati Semarang sangat relawan dengan kondisi Kota Semarang sebagai ibukota provinsi. Layaknya ibukota yan harus menerima masyarkaat urban tentu saja persatuan di antara perbedaan sangat dibutuhkan demi keamanan, kedamaian, dan kenyamanan. 
                                                                     
gambar warak
Dulu ketika saya kecil, warak banyak dijual bahkan sebagian disertai endhog (Jawa) atau telur. Tentu saja telur asin agar tahan hingga berhari-hari. Jadi, namanya warak ngendhok. Endhok sebagai isyarat bahwa setelah puasa satu bulan mendapatkan hadiah pahala. Tetapi sudah lama warak tidak disertai endhog. Bahkan tahun ini, saat dugderan  tidak satu pun saya temui pedagang warak, dari pangkal hingga ujung alun-alun. Hal inilah yang menjadi keresahan. Mengapa warak tidak ada, mengapa pedagang tidak lagi memproduksi.

Ada keraguan saat proses hingga menjadi tulisan. Bertutur pada kejadian yang terjadi di Kota Semarang. Jadi, belum tentu dari daerah lain mengetahui objek yang saya tulis.  Apalagi saat survei. Baru pencarian keempat berhasil menemui perajinnya. Hampir saja saya gagalkan dan tidak jadi menulis. Dulu masyarakat kampung tersebut terkenal pembuat warak. Sekarang tinggal satu orang. Itu pun hanya melayani pemesanan.
                                                                        
Mungkin karena esai ini berkaitan dengan kearifan lokal, dan tentu saja memenuhi syarat sebagai penulisan sebuah esai dan layak dibukukan. Mengutip catatan panitia, ada 104 karya yang mengikuti lomba, tetapi hanya 40 % memenuhi syarat sebagai penulisan esai.

Warak masih menjadi ikon. Di sana sini banyak terdapat gambar warak, dari pintu gerbang, posko kemanan, dan beberapa pembatas jalan selama tradisi dugderan berlangsung. Tetapi perjalanan atau lelakon warak tidak secemerlang posisinya sebagai ikon.

Semoga pemerintah daerah lebih menguri-uri kearifan lokal dengan menggairahkan para perajin warak. Agar para generasi penerus, anak-anak kecil, mengenal warak ngendhok. Warak tidak saja sebagai permaianan anak, tetapi filosofi yang terkandung di dalamnya begitu mulia.
@@@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar