Iis Soekandar: Menyaksikan Kemeriahan Dugderan

Selasa, 30 April 2019

Menyaksikan Kemeriahan Dugderan

                                                                                           
warak
              Bagi warga Semarang, dugderan adalah tradisi yang ditunggu-tunggu menjelang puasa Ramadan. Dugderan berlangsung selama seminggu. Awal mula diadakan tradisi tersebut untuk menyemangati atau mengajak warga agar  berpuasa pada bulan Ramadan selama dua puluh sembilan atau tiga puluh hari.
            Warak ngendok sebagai ikon dugderan. Warak adalah replika binatang yang menggambarkan keberagaman warga Semarang, terdiri dari orang Jawa, Arab, dan Cina. Ngendok (Jawa) dalam bahasa Indonesia artinya telur. Jadi diibaratkan bila warga berpuasa dengan tidak saja menahan lapar dan dahaga, tetapi juga hawa nafsu, akan mendapatkan imbalan atau pahala yang dinyatakan dengan sebuah telur. 
                                                                                 
                                                               permainan tong setan
Saat saya masih kecil beberapa pedagang menjual warak dengan telur yang bisa dimakan. Agar tahan lama tentu saja digunakan telur asin. Tetapi ternyata pedagang warak dari tahun ke tahun tergerus pekembangan zaman. Bahkan tempo hari, selama berjalan-jalan tidak satu pun saya jumpai pedagang warak. Mungkin karena membuatnya butuh ketelitian tinggi dan harganya mahal.Sementara kebanyakan warga kurang menyadari keberadaan warak. Butuh perjuangan agar kearifan lokal tetap terjaga.
                                                                    
                                                     mainan anak dari gerabah
Ada banyak permainan anak yang disajikan dalam dugderan, di antaranya tong setan, dremolen, dan permainan bola-bola. Yang menonjol adalah banyak dijual kerajinan gerabah berupa cobek, ulekan, dan alat-alat dapur lain. Ada juga celengan dalam berbagai bentuk, seperti singa, harimau, kelinci, dan sapi.
                                                                             
                                                       celengan dari gerabah
Tidak hanya permainan anak-anak, di arena dugderan juga dijual sejumlah makanan. Seperti kerak telur, makanan khas Betawi. Kerak terlur banyak dijajakan saat dugderan. Ketika saya jalan-jalan ada sebanyak lima pedagang. Ada yang baru pada dugderan kali ini: tahu aci, khas Tegal. Ketika pedagangnya saya tanya, mereka mengatakan sengaja datang jauh dari Tegal untuk memeriahkan dugderan. “Ternyata masyarakat di sini banyak yang suka tahu aci,” begitu tambahnya. 
                                                                          
                                                   kompleks penjual makanan
Khusus pada pedagang makanan berbuka, seperti lontong opor, pecel, nasi kebuli, dan beberapa produk minuman, menjual dagangnya tidak hanya pada saat dugderan. Tetapi hingga puasa berakhir. Mereka menempati area seputar masjid agar mudah bagi warga membeli.
Kurma banyak dijumpai pada stand-stand di dugderan. Biasanya kurma hanya dapat dibeli di toko-toko penjual oleh-oleh haji. Mereka juga menjajakan dagangannya hingga puasa berakhir. Sebab kurma banyak manfaatnya bagi kesehatan. Untuk itu sangat cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa. 
                                                                               
                                                            penjual kurma
Puncak dugderan pada saat diadakan karnafal. Menurut rencana pemerintah Kota Semarang akan menyelenggarakan karnaval tahun ini pada hari Sabtu tanggal 4 Mei. Para peserta karnafal bergerak dari gedung balaikota hingga di Masjid Agung Semarang. Pada saat itu akan diadakan prosesi sebagai lambang akan dimulainya puasa Ramadan oleh Bapak Walikota Semarang sebagai kepala pemerintahan. 
                                                                                
                                                                   kue ganjeril
Yang unik dari berakhirnya dugderan adalah pembagian kue ganjeril oleh takmir masjid. Warga berjejal di alun-alun, depan masjid menanti kue ganjeril. Entah berapa potong ribu kue ganjeril yang disediakan, semua mendapat bagian. Filosofi kue ganjeril agar warga selama berpuasa tidak keluar dari relnya, maka harus diganjal. Dengan demikian, niat puasa tetap lurus.
Rasanya tidak pernah bosan menikmati kemeriahan dugderan. Lelah berjalan lalu menikmati makanan dan minuman yang hanya dinikmati saat dugderan. Belum lagi kehadiran kue ganjeril yang selalu dirindu karena kelangkaannya.
@@@


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar